Shigeru Miyamoto, Bapak permainan Nintendo
Super Mario, The Legend of Zelda, Donkey Kong dan
masih banyak lagi, Permainan yang pernah kita mainkan di masa kecil
sekitar awal tahun 90an. Orang yang ada di belakang layar yang
mewujudkan hal tersebut adalah Bapak dari permainan Nintendo, Shigeru
Miyamoto. Shigeru Miyamoto adalah seorang designer video game dan
produser terkenal yang berasal dari Jepang, beliau terkenal dengan
orang yang berada di belakang waralaba Mario, sebuah permainan video
game waralaba paling sukses sepanjang masa. Sering kali beliau disebut
dengan “bapak video game modern”. Beliau juga merupakan pencetus
Nintendo DS dan Nintendo Wii yang telah membawa dunia permainan ke level
baru dengan inovasi teknologi yang kini menjadi legenda.
Miyamoto
lahir di Tokyo, Jepang. Saat kecil beliau nyaris tidak memiliki mainan
sama sekali sehingga beliau membuatnya sendiri dari kayu dan benang.
Beliau berhasil membuat boneka dan flip-book kartun. Beliau bermain
seakan-akan ada dunia lain dibalik layar shoji di rumahnya yang
berukuran tidak besar. Mereka tidak memiliki televisi, orangtuanya
merupakan tipikal sederhana dan miskin.
Seiring beranjaknya usia, beliau sering menjelajah dengan bersepeda atau berjalan kaki. Ketika beliau berumur 7 atau 8 tahun beliau menemukan sebuah lubang di dalam tanah. Keesokan harinya beliau kembali dengan membawa lentera dan memasuki lubang tersebut dan menemukan dirinya memasuki sebuah gua. Beliau dapat melihat lorong – lorong yang mengarah ke ruangan lain. Selama musim panas, beliau tetap kembali ke gua tersebut untuk menikmati keajaiban berdansa dengan bayangan di dinding gua. Miyamoto pernah menyatakan bahwa pada saat beliau kecil beliau berharap memiliki penyakit yang tidak akan menyakitinya, atau mengancam hiduonya, akan tetapi dapat membuatnya berada di rumah sakit sepanjang hari, sehingga beliau dapat berkhayal.
Seiring beranjaknya usia, beliau sering menjelajah dengan bersepeda atau berjalan kaki. Ketika beliau berumur 7 atau 8 tahun beliau menemukan sebuah lubang di dalam tanah. Keesokan harinya beliau kembali dengan membawa lentera dan memasuki lubang tersebut dan menemukan dirinya memasuki sebuah gua. Beliau dapat melihat lorong – lorong yang mengarah ke ruangan lain. Selama musim panas, beliau tetap kembali ke gua tersebut untuk menikmati keajaiban berdansa dengan bayangan di dinding gua. Miyamoto pernah menyatakan bahwa pada saat beliau kecil beliau berharap memiliki penyakit yang tidak akan menyakitinya, atau mengancam hiduonya, akan tetapi dapat membuatnya berada di rumah sakit sepanjang hari, sehingga beliau dapat berkhayal.
Pada
tahun 1976, Ayah Miyamoto mempertemukannya dengan Kepala dari Nintendo
Jepang, Yamauchi. Miyamoto menunjukkan mainan buatannya termasuk 2
gantungan baju dari kayu untuk anak –anak dengan bentuk gajah dan
gagak. Miyamoto pada saat itu menjadi artis pertama Nintendo. Hasil
terobosannya dapat dilihat pada permainan berjuudul radar Scoope yang
gagal meledak di pasar Amerika, dan beliau diberikan tugas untuk
membuat game baru dengan perangkat yang sama. Permainan yang menjadi
idenya adalah Donkey Kong. Idenya diambil dari permainan Popeye, tetapi
Nintendo tidak berhasil mengamankan hak patennya, sehingga beliau
menciptakan 1 set karakter baru. Sang pahlawan disebut Jumpman dan
diubah namanya menjadi Mario, karena pemberontakannya terhadap sang
tuan tanah. Tanpa dikira, permainan tersebut menjadi terkenal dan
berlanjut menjadi permainan Super Mario, yang menjadi lebih terkenal
lagi.
Beliau sering kali membayangkan permainan yang ia buat dengan imajinasi masa kecilnya yang melihat dunia seperti karnaval yang penuh keunikan, bahaya dan keuntungan yang tersembunyi. Miyamoto selalu berusaha untuk membuat ulang khayalan masa kecilnya, selain itu berdasar kepada pengalaman nyata yang dapat diaplikasikan ke dalam permainan.
Beliau sering kali membayangkan permainan yang ia buat dengan imajinasi masa kecilnya yang melihat dunia seperti karnaval yang penuh keunikan, bahaya dan keuntungan yang tersembunyi. Miyamoto selalu berusaha untuk membuat ulang khayalan masa kecilnya, selain itu berdasar kepada pengalaman nyata yang dapat diaplikasikan ke dalam permainan.
Miyamoto dihormati bukan hanya karena kesuksesan secara komersil, akan tetapi juga karena keaslian permainan yang dibuat.
Satu hal yang belum berhasil beliau buat adalah sebuah perusahaan yang dimilikinya sendiri, melihat keberuntungan besar yang didapatkan jika memang hal tersebut terwujud. Dia adalah seorang karyawan. Kartu nama Miyamoto bertitel Senior Marketing Director and General Manager of the EAD division dari Nintendo Company Ltd. Sebenarnya beliau adalah roh pembimbing dan wajah dari Nintendo itu sendiri. Miyamoto mengatakan bahwa pekerjaan utamanya di Nintendo adalah ningen kougaku, yang berarti rekayasa manusia. Dia sudah bekerja di Nintendo sejak tahun 1977 dan belum pernah pindah.
Satu hal yang belum berhasil beliau buat adalah sebuah perusahaan yang dimilikinya sendiri, melihat keberuntungan besar yang didapatkan jika memang hal tersebut terwujud. Dia adalah seorang karyawan. Kartu nama Miyamoto bertitel Senior Marketing Director and General Manager of the EAD division dari Nintendo Company Ltd. Sebenarnya beliau adalah roh pembimbing dan wajah dari Nintendo itu sendiri. Miyamoto mengatakan bahwa pekerjaan utamanya di Nintendo adalah ningen kougaku, yang berarti rekayasa manusia. Dia sudah bekerja di Nintendo sejak tahun 1977 dan belum pernah pindah.
Miyamoto
adalah sosok yang murah hati.Dibalik nilai dan status yang
dimilikinya, beliau tidak pernah menerima gaji yang besar, dan
mengendarai motor untuk bekerja setiap harinya (Nintendo memaksa beliau
untuk menggunakan mobil melihat peran yang dimilikinya dalam
perusahaan). Kebanyakan hobinya telah diterjemahkan menjadi property
intelektual. Waralaba The Pikmin, Wii Sports, dan Wii Fit dibuat
berdasar pada ketertarikan Miyamoto pada binatang peliharaan, berkebun,
atletik, dan olahraga fisik. Pada waktu luangnya Miyamoto juga bermain
gitar dan banjo. Peliharaannya Anjing Shetland Sheep juga
menginspirasinya untuk membuat permainan NintenDogs yang sangat
terkenal.
Kini posisi Shigeru Miyamoto telahberkembang menjadi sorotan, beliau sudah disebut “Spielberg” dan “Walt Disney” video game. Beliau telah dianugerahi banyak penghargaan dan pujian. Mungkin tidak akan ada lagi contoh sekuat Miyamoto dalam pengaplikasian kehidupan sehari – hari ke dalam teknologi simulasi permainan.
Kini posisi Shigeru Miyamoto telahberkembang menjadi sorotan, beliau sudah disebut “Spielberg” dan “Walt Disney” video game. Beliau telah dianugerahi banyak penghargaan dan pujian. Mungkin tidak akan ada lagi contoh sekuat Miyamoto dalam pengaplikasian kehidupan sehari – hari ke dalam teknologi simulasi permainan.
Think Big.....
Tidak ada komentar:
Posting Komentar